Senin, 30 Mei 2011

FIFA Minta PSSI Gelar Kongres Ulang 30 Juni

Kongres PSSI. TEMPO/Aditia Noviansyah
TEMPO Interaktif,Jakarta - Asosiasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberi kesempatan kedua bagi PSSI untuk menggelar kongres ulang memilih Ketua Umum PSSI periode 2011-2015, pada tanggal 30 Juni mendatang. Jika kongres nanti gagal lagi, FIFA akan langsung menjatuhkan skorsing kepada Indonesia sehari kemudian.

"Diberi kesempatan menggelar kongres 30 Juni dengan ketentuan sama dengan kongres sebelumnya. Kalau gagal lagi, 1 Juli otomatis langsung suspend," kata Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar melalui sambungan interlokal, Senin 30 Mei 2011.

Agum bertemu dengan Direktur Keanggotaan dan Pengembangan FIFA Thierry Regenass di markas FIFA, Zurich, pukul 10 waktu setempat. Pertemuan itu berlangsung sekitar satu jam. Agum menemui Regenanss tanpa didamping wakilnya, Joko Driyono. "Pak Joko baru tiba," kata Agum.

Akibat adanya putusan FIFA tersebut, maka soal Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI 20 Mei lalu berakhir deadlock tidak masuk dalam pembahasan sidang Komite Eksekutif FIFA hari ini pukul 14.00 waktu Swiss.

Dengan putusan ini, Agum menilai misinya setengah sukses. "Kita masih punya tugas menggelar kongres ulang," kata Ketua Dewan Kehormatan PSSI itu.

Kongres 30 Juni nantinya merupakan Kongres Luar Biasa dengan agenda tunggal, yaitu memilih Komite Eksekutif PSSI, yang terdiri dari Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI. Calon-calon yang sebelumnya sudah masuk daftar tetap itulah yang nantinya akan kembali dipilih dalam kongres. Jadi, yang diulang hanya kongresnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar