Senin, 30 Mei 2011

Gelombang Laut di Bengkulu 2,5 Meter

BENGKULU--MICOM: Gelombang laut di Samudra Hindia Barat Bengkulu 12 jam ke depan tingginya diperkirakan berkisar 1,5 hingga 2,5 meter, sedangkan gelombang di Perairan Enggano tingginya antara 1,3 hingga dua meter.

Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harits Syahid Hakim, Sabtu (28/5), memperkirakan, gelombang di perairan Bengkulu tingginya berkisar antara satu hingga dua meter.

Angin di Samudra Hindia Barat berpeluang berhembus dari arah Utara hingga Selatan dengan kecepatan antara 05-18 knot, sedangkan angin di Perairan Bengkulu berhembus dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan antara 03-14 knots.

Dari analisa pantauan citra satelit cuaca terlihat peluang pertumbuhan awan dan hujan kadang disertai Guntur di wilayah Sumatera bagian Tengah hingga Selatan dan Selat Sunda.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar 05 sampai dengan 27 kilometer perjam atau antara 03 - 15 knots.

Ia juga memperkirakan, kondisi cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berawan, namun ada beberapa kabupaten turun hujan ringan pada malam hari, sedangkan suhu udaranya antara 24-32 derajat ceslcius dan kelembabannya antara 60-95 persen.

Kepala Stasiun Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi mengatakan, gelombang laut 12 jam ke depan tingginya cendrung lebih rendah akibat hembusan angin di wilayah itu melemah dari sebelumnya.

"Kami sudah instruksikan kepada seluruh nelayan dan pengusaha kapal ikan bahwa tinggi gelombang laut 12 jam ke depan memberikan peluang kepada nelayan untuk menangkap ikan," katanya.

Seorang pengusaha ikan di kawasan pelabuhan laut Pulau Baai Bengkulu Andi Syamsudin mengatakan, seluruh awak kapal ikannya sudah berangkat melaut karena gelombang laut rata-rata di bawah normal dari biasanya dengan tinggi 2,5 meter.

Dengan gelombang laut rendah sekarang ini para nelayan dan pemancing akan dapat leluasa mencari ikan karena didukung cuaca cerah dan angin cendrung lebih tenang, ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar