Senin, 30 Mei 2011

Liputan6.com, Bandung: Calon pemain timnas U-23 Irfan Bachdim, mengikuti latihan militer di Pusat Pendidikan Kopassus Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Setiap pemain yang bakal memperkuat timnas digembleng demi mendapatkan medali emas di Sea Games ke-26 di Palembang, Sumatera Selatan. Irfan dan kawan-kawan harus melewati rintangan berupa papan setinggi belasan meter, merayap di atas lumpur, dan melapor ke pos. Baju loreng bak pejuang yang ia kenakan pun terlihat kotor. "Saya lelah, saya senang di sini," katanya dengan cepat dalam tayangan Halo Selebriti di SCTV, Rabu (18/5). Tidak ada masalah dalam hal berlatih fisik dan mental bagi para calon pemain timnas U-23 itu. Bagi pemain naturalisasi seperti Irfan dan Kim Kurniawan yang jadi sedikit masalah hanyalah kesulitan dalam berbahasa Indonesia. Pekan silam, Irfan bersama Kim belum dapat mengikuti latihan tersebut. Kedua pemain naturalisasi tersebut absen karena masih harus memperkuat klubnya yang berlaga di LPI. Fansnya pun kecewa berat lantaran ia sempat tak mau ikut Sea Games dan lebih memilih bermain untuk Persema Malang -- klub Irfan sekarang. Sementara dua pemain naturalisasi lainnya Diego Michels dan Ruben Wuarbanaran sudah kembali memasuki pusat pelatihan setelah sebelumnya mereka juga absen. Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman yakin timnas yang dibinanya mampu memenuhi harapan masyarakat Indonesia untuk menjadi Sea Games 2011.

Sea Games 1987
"Juara Sea game 1987 dan 1991. Bagaimana 2011?"
Setelah Piala AFF 2010 yang membangkitkan gairah, kita tak sabar menanti ajang selanjutnya. Apa saja kompetisi yang diikuti timnas Indonesia tahun 2011?


Piala Asia 2011: tidak ikut
Piala Asia 2011 digelar di Qatar pada bulan Januari 2011. Sayangnya, Indonesia gagal turut serta. Tim Garuda, di bawah kendali Benny Dolo, gagal menyaingi poin Australia, Kuwait, dan Oman di babak kualifikasi. Jangankan lolos, kita bahkan menjadi juru kunci grup. Ini adalah kemunduran prestasi, karena sejak 1996 kita selalu masuk putaran final Piala Asia.

Kualifikasi Olimpiade 2012: Timnas Indonesia U-23 -tersingkir
Babak kualifikasi untuk Olimpiade London 2012 dimulai bulan Februari 2011 hingga Maret 2012. Ajang ini hanya diperuntukkan untuk timnas U-23. Dari wilayah Asia, akan diambil 3 negara terbaik. Berdasarkan undian babak kualifikasi, Indonesia harus bertemu Turkmenistan 23 Februari (home) dan 9 Maret 2011 (away).

Hasil kualifikasi: Gagal Lolos.
Timnas Indonesia U-23 terhenti langkahnya setelah dua kali kalah dari Turkmenistan. Di kandang kalah 1-3 dan pada saat tandang kalah 0-1. Indonesia tersingkir dengan skor agregat 1-4. Sayang sekali.

Sekedar catatan, Indonesia hanya pernah sekali lolos ke Olimpiade pada tahun 1956. Kala itu kita bisa mencapai babak perempatfinal gara-gara menang WO dari Vietnam. Tim Garuda kemudian 'sukses' menahan Uni Soviet 0-0, namun kalah 4-0 dalam partai ulangan.

Kualifikasi Piala Dunia 2014: Timnas Indonesia Senior
Hasil undian kualifikasi Piala Dunia 2014 kembali mempertemukan Indonesia dengan Turkmenistan. Benar-benar berjodoh. Setelah timnas U-23 kalah, sekarang kita berharap timnas senior dapat mengalahkan mereka.

Indonesia akan menghadapi Turkmenistan di babak II. Pemenangnya akan melaju ke babak III, dimana akan ada 20 negara yang dibagi menjadi lima grup. Juara & runner-up grup babak III akan melaju ke babak IV, dimana akan ada 10 negara yang dibagi menjadi dua grup. Dari babak IV ini, masing-masing juara & runner-up langsung lolos ke Piala Dunia 2014, dan peringkat 3 akan memperebutkan tiket play-off. Jalannya masih sangat panjang, ya?

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia babak II:
Leg pertama, 23 Juli: Turkmenistan vs Indonesia
Leg kedua, 28 Juli: Indonesia vs Turkmenistan
Baru pada leg kedua, Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Sea Games 2011: Timnas Indonesia U-23
Sea Games 2011 akan diadakan di Palembang dan Jakarta pada bulan November 2011. Indonesia pernah memenangi Sea Games dua kali, pada 1987 saat menjadi tuan rumah di Jakarta, dan 1991 di Manila.

Sejak tahun 2001, cabang sepakbola di Sea Games hanya boleh diikuti oleh tim U-23. Sayangnya Garuda Muda tak pernah mencatat prestasi bagus, sampai final pun belum pernah. Jadi mumpung besok jadi tuan rumah, kita harus beri semangat sebesar-besarnya!!

2011, Giliran Garuda Muda Unjuk Gigi

Tim U-23 akan mendominasi kiprah Merah-Putih di tahun 2011, sementara tim senior hanya akan fokus pada kualifikasi Piala Dunia. Rasanya terlalu muluk jika berharap kejayaan menembus Piala Dunia (walau tidak ada yang mustahil). Wajar jika prestasi yang bisa diharapkan tahun 2011 adalah menjadi juara Sea Games.

Garuda Muda yang minim pengalaman harus dipersiapkan dengan baik. Pasalnya, dari timnas senior Piala AFF 2010 lalu, hanya 5 pemain saja yang termasuk kategori U-23: kiper Kurnia Meiga (20 tahun), Okto (20), Irfan Bachdim (22), Johan Juansyah (22), dan Yongki (21). Belum lagi, beberapa dari mereka bermasalah dengan sanksi terkait LPI dan indisipliner. Bandingkan dengan Malaysia yang sudah memiliki 10 pemain U-23 di skuad senior juara AFF Cup. Sebagai sebuah tim tentu kita kalah matang.

Apa kabar tim SAD?
Ya, PSSI memang punya program pembentukan 'Young Guns'. Mereka yang bernama tim SAD (Sociedad Anonima Deportiva), kumpulan pemain muda yang berguru di Uruguay. Setahun yang lalu, tim ini belum memuaskan. Mereka gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-19. Bagaimana pun, tim ini masih terlalu muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar