Senin, 30 Mei 2011

Perompak-AL AS Baku Tembak, Kapten Kapal Taiwan Tewas

TAIPEH--MICOM: Kapten kapal Taiwan yang dibajak tewas dalam tembak-menembak antara pasukan Angkatan Laut AS dan perompak Somalia. Perintah Taiwan mengungkapkan keprihatinan atas insiden tersebut.

Kapal nelayan Jih-chun Tsai 68 dengan berat 80 ton, yang diawaki oleh 10 orang Indonesia dan Kapten Wu Lai-yu, dibajak pada Maret 2010 ketika sedang berlayar di perairan lepas pantai Somalia.

Kapal nelayan itu tenggelam dan tiga perompak tewas, kata juru bicara kementerian Taiwan Steve Shia, Minggu (29/5).

"Kami mengungkapkan keprihatinan kepada AS. Kami juga meminta Lembaga Amerika di Taiwan memberikan laporan penyelidikan mengenai insiden tersebut," katanya, menunjuk pada kedutaan besar de fakto AS di Taipeh.

Perairan di lepas pantai Somalia merupakan tempat paling rawan pembajakan di dunia, dan Biro Maritim Internasional melaporkan 24 serangan di kawasan itu antara April dan Juni tahun 2008 saja.

Angka tidak resmi menunjukkan 2009 sebagai tahun paling banyak perompakan di Somalia, dengan lebih dari 200 serangan -- termasuk 68 pembajakan yang berhasil -- dan uang tebusan diyakini melampaui 50 juta dolar.

Dewan Keamanan PBB telah menyetujui operasi penyerbuan di wilayah perairan Somalia untuk memerangi perompakan, namun kapal-kapal perang yang berpatroli di daerah itu tidak berbuat banyak.

Perompak, yang bersenjatakan granat roket dan senapan otomatis, menggunakan kapal-kapal cepat untuk memburu sasaran mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar