Senin, 30 Mei 2011

TNI AL dan Pelaut AS Latihan Tembak "Tomat"

JAKARTA - Pada latihan Cooperatioan Afloat Readiness and Training (CARAT) 2011 yang dilakukan oleh pelaut TNI AL dan pelaut Amerika Serikat (AS), bukan hanya melakukan pelatihan manuver kapal. Mereka juga berlatih menembak target yang telah ditentukan dari atas kapal.

Lima kapal yang terlibat dalam latihan ini yaitu KRI Diponegoro, KRI Imam Bonjol, USS Howard serta USS Reuben James dan USS Tortuga melakukan latihan tembak target “Killer Tommato”.

Mereka menembak target yang bentuknya sebuah balon raksasa. Balon tersebut memliki warna merah seperti tomat dan mengapung di laut.

Setiap kapal menggunakan senjata yang hampir sama untuk menumpas balon tersebut. Pada latihan tembak yang dilakukan pada hari Sabtu (28/5/2011) di Selat Sunda itu, menunjukan kemampuan masing-masing penembak dari kapal.

Dari USS Howard diketahui para penembak menggunakan dua jenis senjata yang berbeda. Namun kedua senjata memiliki kesamaan daya rusaknya. Jenis senjata pertama yang digunakan adalah Chandler MK-25 atau meriam 25 mm. Sementara senjata lain yang digunakan adalah senapan mesin berat kaliber 50 Browning.

Seorang pelaut AS yang menembakan senjata Chandler MK-25 mengaku merasa senang melakukan penembakan ini.  “Saya senang ikut dalam operasi ini dan mendapatkan kesempatan melakukan penembakan adalah kesempatan baik,” ungkap perempuan itu, Aguelararana, usai latihan tembak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar