Senin, 30 Mei 2011

Penumpang Pelabuhan Merak Capai 22.080 Orang

MERAK--MICOM: Jumlah penumpang Pelabuhan Merak, Banten, yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung hari Minggu mencapai 22.080 orang.

Selama tiga hari terakhir penumpang Kapal Roll on Roll of (Ro-Ro) meningkat hingga menimbulkan antrean panjang angkutan truk, kata Huta, salah seorang petugas pendataan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Senin (30/5).

Ia mengatakan, para penumpang tersebut dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang, yang akan mengunjungi sanak keluarga di sejumlah kota di Pulau Sumatera. Selain itu banyak juga pengunjung dari Pulau Jawa untuk mendatangi tempat-tempat wisata yang ada di Lampung.

Selama ini peningkatan penumpang Kapal Ro-Ro Pelabuhan Merak, selain pada hari raya keagamaan juga akhir pekan sehingga petugas bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Saat ini kondisi Pelabuhan Merak kembali normal dibandingkan hari Jumat-Sabtu yang mengalami antrean panjang kendaraan sampai empat kilometer dari Jalan Cikuasa Atas Cilegon hingga pintu gerbang Merak.

Ia menyebutkan, jumlah penumpang sebanyak 22.080 orang itu terdiri atas penumpang pejalan kaki 2.731 orang dan penumpang di atas kendaraan tercatat 19.246 orang. Sedangkan jumlah angkutan roda dua sebanyak 832 unit motor, kendaraan keluarga 1.480 armada, truk 2.858 armada dan 227 unit bus.

Sementara itu, petugas Kesyahbandaran Pelabuhan Merak, Hendro Budi mengatakan saat ini kapal yang dioperasikan PT ASDP sebanyak 22 Kapal Ro-Ro karena angkutan penumpang kembali normal dan tidak terjadi penumpukan.

"Kami menjamin sebanyak 22 Kapal Ro-Ro itu kondisinya layak berlayar dan juga menjamin keselamatan penumpang, meski kapal sudah berusia puluhan tahun," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar